5 Tips Mudah Mengatasi Masalah Jerawat & Flek Hitam

Gabungan masalah jerawat dan flek hitam di wajah merupakan mimpi buruk bagi setiap perempuan.

Bayangkan, seluruh perjuangan kita untuk memiliki wajah yang cerah dan cantik dengan berbagai produk perawatan wajah, menjadi sia-sia akibat adanya flek dan jerawat yang merusak penampilan.

Jika anda sudah pernah membaca artikel fakta seputar jerawat, anda pasti tau jika jerawat merupakan masalah kulit yang disebabkan adanya peningkatan produksi sebum atau minyak di permukaan kulit wajah, yang kemudian mengikat kotoran serta sel kulit mati dan menyumbat pori-pori kulit.

Sedangkan masalah flek atau bintik hitam di kulit wajah umumnya disebabkan oleh sinar matahari.

Lengkapnya bisa anda baca di artikel mengapa flek hitam bisa muncul di wajah.

Baik masalah jerawat maupun flek hitam di kulit wajah, sebenarnya bukanlah masalah yang tidak bisa diatasi.

Menggunakan obat jerawat yang mengandung sulfur, benzoil peroksida, dan atau asam salisilat bisa mempercepat sembuhnya jerawat.

Sedangkan untuk masalah flek, saat ini banyak cream wajah yang diproduksi secara khusus untuk mengatasinya.

Namun, menggunakan bahan kimia tidak sepenuhnya menjamin masalah flek dan jerawat sirna dengan cepat.

Apalagi untuk anda pemilik jenis kulit sensitif, penggunaan bahan kimia bukan tidak mungkin justru menambah masalah kulit yang baru, seperti alergi atau iritasi.

Disini pentingnya menemukan jenis obat yang cocok dengan jenis kulit anda. Dan tentu saja, untuk menemukannya anda membutuhkan saran dari ahli kulit.

Jika anda sedang menjalani pengobatan masalah jerawat dan flek, anda bisa melakukan tips-tips berikut ini agar masalah flek hitam dan jerawat yang anda miliki bisa cepat teratasi.

Tips Mengatasi Masalah Jerawat & Flek Hitam

Cara Mengatasi Jerawat

  1. Jaga kebersihan wajah dengan rutin mencuci wajah, minimal 2 kali sehari, menggunakan sabun pembersih wajah.

    Namun pastikan sabun yang kita gunakan merupakan jenis sabun yang cocok dengan jenis kulit yang kita miliki. Tips nya bisa anda baca di artikel tips memilih sabun sesuai jenis kulit.
  2. Gunakan tabir surya saat akan beraktifitas di luar ruangan.

    Paparan sinar matahari yang mengenai kulit wajah yang tidak terlindungi tabir surya atau sun block akan membuat area masalah flek hitam di kulit wajah semakin melebar.

  3. Gunakan juga cream pelembab jika anda terbiasa lama di ruangan ber-AC.

    Menggunakan cream pelembab yang mengandung SPF juga bisa menjadi solusi yang lebih praktis.

    Ada banyak produk pelembab yang juga berfungsi sebagai tabir surya, seperti RJ Daily Moisturizer SPF 38 With Aloe Vera, dan lainnya.

  4. Jangan memecahkan jerawat. Luka yang timbul dari jerawat yang dipencet atau dipecahkan secara paksa sangat mungkin meninggalkan bekas yang sulit dihilangkan.
  5. Tambah asupan makanan yang bergizi, terutama sayur dan buah. Dan pastikan tubuh terhidrasi dengan baik dengan cara memperbanyak minum air putih.

Baca juga, jangan percaya tips seputar jerawat berikut ini
Jika masalah jerawat dan flek hitam di kulit wajah terasa membandel, atau sulit disembuhkan, sebaiknya anda melakukan konsultasi dengan dokter ahli kulit.

Dokter kulit akan melakukan pemeriksaan sumber masalah anda dan memberikan pengobatan yang paling sesuai dengan jenis masalah dan jenis kulit yang anda miliki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *