4 Tips Memilih Shampo Sesuai Jenis Rambut

Tips Memilih Shampo – Seperti halnya saat memilih sabun (baca, tips memilih sabun sesuai jenis kulit), memilih shampo untuk kita gunakan pun sebaiknya tidak dilakukan sembarangan.

Pemilihan produk shampoo sebaiknya disesuaikan dengan kondisi & kebutuhan rambut serta kulit kepala.

Dalam artian, jangan hanya nilai harga atau isi promosi iklan saja yang menjadi bahan pertimbangan anda saat memilih shampoo yang cocok untuk digunakan.

Untuk mendapatkan shampo yang mampu memenuhi kebutuhan anda, sebaiknya anda juga mengenal komposisi yang terdapat di dalam produk shampoo tersebut.

Tips Memilih Shampo yang Tepat Sesuai Jenis Rambut Anda

Sama seperti wajah yang memiliki jenis kulit wajah, rambut kita pun memiliki jenis yang berbeda. Dan setiap jenis rambut, membutuhkan perawatan atau penanganan yang berbeda.

Untuk lebih memahami jenis rambut dan pilihan shampoo yang tepat, berikut cintaidiri.com hadirkan daftar dan penjelasannya untuk anda.

Tips Memilih Shampo Sesuai Jenis Rambut

Tips Memilih Shampo Sesuai Jenis Rambut

Rambut Kering

Sama seperti kulit wajah, kulit kepala kita secara alami memproduksi minyak yang bermanfaat untuk melembabkan rambut.

Namun pada sebagian orang, kadar minyak yang diproduksi oleh kulit kepala hanya berjumlah sedikit sehingga tidak cukup untuk melembabkan semua bagian rambut.

Akibatnya rambut menjadi lebih sulit di atur.

Untuk anda pemilik jenis rambut kering, anda membutuhkan shampoo yang mengandung pelembab.

Pilihan produk shampoo yang tepat untuk anda adalah yang mengandung bahan avokad, minyak, atau argan, dan hindari produk shampoo yang mengandung alkohol.

Untuk membuat rambut anda terlihat lebih indah berkilau, pemilik jenis rambut kering sebaiknya menggunakan kondisioner setelah mencuci rambut.

Rambut Berminyak

Berlawanan dengan rambut kering, rambut berminyak merupakan kondisi rambut yang terlalu banyak mengandung minyak akibat dari terlalu aktifnya kelenjar minyak di kulit kepala.

Selain menyebabkan rambut menjadi mudah lepek, kondisi ini juga rentan menimbulkan masalah ketombe.

Untuk anda pemilik jenis rambut berminyak, sebaiknya anda menggunakan produk shampoo yang mengandung zinc, ketoconazole, dan atau selenium sulfida.

Jangan gunakan produk rambut yang mengandung minyak, dan cuci rambut disarankan 2 hari sekali.

Rambut Tipis

Untuk anda yang memiliki rambut yang terlihat tipis, anda membutuhkan produk shampoo yang mengandung bahan pelebat rambut seperti panthenol.

Hindari menggunakan kondisioner terlalu banyak, atau gunakan di bagian ujung rambut saja, agar rambut tidak terlihat semakin tipis.

Rambut Diwarnai

Jika anda memiliki rambut yang telah diwarnai, anda pastinya ingin mempertahankan warna rambut agar tetap terlihat berwarna atau tidak pudar.

Maka jenis shampoo yang cocok untuk anda gunakan adalah jenis shampoo dengan kadar pH 4,5 – 5,5.

Anda tidak perlu bingung saat memilih shampoo, ada beberapa jenis atau merk shampoo yang diproduksi khusus atau sudah terkenal fungsinya khusus untuk rambut diwarnai.

Tips Memilih Shampo Berdasarkan Kebutuhan Rambut Anda

Dengan mengetahui jenis rambut yang anda miliki saat ini, anda akan lebih mudah menentukan jenis shampoo yang cocok untuk anda gunakan.

Karena salah memilih shampoo, atau menggunakan shampoo yang berlawanan dengan kebutuhan anda, bukan hanya membuat rambut menjadi kurang bagus dan indah saja, namun juga bisa menimbulkan masalah rambut dan kulit kepala.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *