Tips Memilih Sabun Sesuai Jenis Kulit Yang Anda Miliki

Sehabis mandi, semestinya kulit akan terasa lebih segar dan lebih bersih. Tapi faktanya, hanya gara-gara salah memilih sabun mandi, aktifitas mandi justru bisa membuat kulit menjadi terasa kering dan kaku.

Semua orang pasti memiliki standar tersendiri saat memilih sabun yang akan mereka gunakan.

Sayangnya, umumnya pemilihan sabun mandi hanya berdasarkan aroma atau wangi dari produk sabun itu saja.

Padahal, tidak semua sabun cocok digunakan untuk semua jenis kulit.

Dan menggunakan sabun yang tidak cocok dengan jenis kulit yang kita miliki, bisa beresiko menyebabkan kulit menjadi kering, terasa gatal, kemerahan, dan iritasi, terutama pada jenis kulit yang sensitif.

Baca juga, amankah mengkonsumsi suplemen pemutih kulit secara rutin ?

Tips Memilih Sabun Sesuai Jenis Kulit

Tips Memilih Sabun

Sabun mandi, diproduksi dari bahan dasar campuran lemak, minyak, serta zat basa.

Kemudian, untuk menambah khasiat dan atau membedakan fungsinya, produsen sabun menambahkan beragam zat kimia kedalam sabun yang mereka produksi.

Bahan-bahan kimia itulah yang seharusnya kita tau agar memilih produk sabun dapat disesuaikan dengan kondisi kulit kita.

Namun, pada umumnya, kebanyakan produk sabun saat digunakan akan mengikis minyak alami di lapisan kulit, hal ini tentu kurang baik untuk pemilik jenis kulit kering.

Jika anda merasakan kulit terasa kering atau kaku setelah mandi, sangat mungkin anda memiliki jenis kulit kering dan menggunakan sabun yang kurang tepat.

Solusinya, gunakan pelembab atau lotion setelah mandi untuk mengembalikan kelembaban alami kulit.

Sedangkan jika berdasarkan bentuknya, jenis sabun yang cocok untuk pemilik kulit kering adalah jenis body wash.

Lain lagi jika anda memiliki jenis kulit berminyak, anda mungkin tidak mengalami masalah dengan tingkat kelembaban kulit karena sabun yang anda gunakan.

Anda bisa memilih menggunakan sabun mandi jenis shower gel ataupun sabun batang.

Namun, kulit berminyak merupakan jenis kulit yang memungkinkan bakteri berkembang biak di lapisan kulit dengan baik, sehingga lebih rentan mengalami masalah yang disebabkan oleh bakteri, seperti jerawat.

Sabun anti bakteri merupakan varian sabun yang sangat cocok untuk anda pilih.

Sabun Untuk Kulit Sensitif

Kulit yang sensitif sangat mudah ter-iritasi. Akibat salah memilih sabun, pemilik kulit sensitif bisa mengalami masalah yang tidak diharapkan di kulit mereka.

Untuk anda yang memiliki jenis kulit sensitif, ada baiknya anda menghindari produk sabun yang mengandung pewangi, anti bakteri, dan jenis sabun deodorant.

Sebagai alternatif, anda bisa menggunakan sabun bayi, atau jenis sabun dengan pH seimbang (pH Balanced).

Dan jangan berganti sabun jika anda sudah menemukan jenis sabun yang cocok atau tidak menyebabkan iritasi di kulit anda.

Selain tepat dalam memilih jenis sabun yang akan digunakan. Untuk memastikan kulit anda tetap sehat dan baik, sebaiknya anda selalu melakukan perawatan kulit.

Gunakan pelembab dan tabir surya saat anda beraktifitas di luar ruangan untuk menghindari kerusakan yang disebabkan oleh sinar matahari.

Dan silahkan anda baca juga, tips mudah merawat kulit agar terlihat lebih putih cerah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *