Suplemen Pemutih Kulit, Apakah Benar Aman & Efektif ?

Bukan hanya cream pemutih kulit, belakangan ini, wanita Indonesia memiliki trend baru, memutihkan kulit dengan cara mengkonsumsi suplemen pemutih kulit, atau juga dikenal dengan istilah obat pemutih kulit.

Memiliki kulit yang terlihat putih cerah pastinya didambakan oleh setiap perempuan.

Mengikuti keinginan tersebut, saat ini banyak diproduksi & dipasarkan produk-produk suplemen yang di klaim dapat memutihkan kulit dari dalam.

Sebenarnya, amankah menggunakan suplemen untuk memutihkan kulit ?

Suplemen Pemutih Kulit

Suplemen Pemutih Kulit
Umumnya, produk suplemen kulit memanfaatkan khasiat dari bahan glutathione.

Bahan glutathione tersebut memang dikenal khasiatnya untuk memperlambat produksi melanin yang dapat membuat kulit terlihat gelap, selain juga mencegah kerusakan oksidatif.

Glutathione sendiri sebenarnya diproduksi secara alami di dalam tubuh kita, dan terdapat pada setiap sel tubuh yang memiliki fungsi utama sebagai sistem imun tubuh untuk menangkal radikal bebas.

Sayangnya, kandungan glutathione dalam tubuh kita akan berkurang seiring dengan pertambahan usia, sehingga kemampuan detoksifikasi tubuh pun akan ikut menjadi berkurang.

Lalu, bagaimana hubungan glutathione dengan proses pemutihan kulit tubuh ?

Khasiat Glutathione Untuk Memutihkan Kulit

Hingga saat ini, para ahli kulit masih belum sependapat mengenai fungsi glutathione untuk memutihkan kulit.

Beberapa ahli yakin jika glutathione bermanfaat untuk mencerahkan kulit, sementara lainnya berpendapat jika fungsi zat tersebut terbatas hanya pada sistem kekebalan tubuh.

Namun, satu hal yang dapat dipastikan adalah pada penggunaan jangka panjang, konsumsi glutathione rentan mengancam kesehatan ginjal.

Namun begitu, glutathione merupakan zat yang dinyatakan boleh dikonsumsi oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM RI).

Selain glutathione, beberapa jenis merk suplemen kulit juga mengunggulkan diri dengan kandungan kolagen, atau senyawa kolagen, di dalam produknya.

Khasiat Kolagen Untuk Memutihkan Kulit

Seperti halnya glutathione, kolagen merupakan zat, atau lebih tepatnya protein, yang diproduksi secara alami dan terdapat di dalam tubuh kita.

Suplemen yang mengandung kolagen dimaksudkan untuk menjaga kandungan kolagen di dalam tubuh. Dimana fungsi kolagen tersebut sangat penting untuk menjaga tingkat elastisitas kulit.

Selain mencegah timbulnya garis dan keriput, kolagen juga penting untuk memastikan proses penggantian sel kulit mati berjalan dengan baik.

Lalu, Bolehkah Kita Mengkonsumsi Suplemen Pemutih Kulit ?

Melihat fungsi dari 2 kandungan umum suplemen pemutih kulit di atas, maka anda boleh percaya ataupun tidak pada khasiat produk suplemen kulit.

Namun, jika anda memilih untuk mengkonsumsinya. Sangat disarankan bagi anda untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter anda mengenai tingkat keamanan suplemen kulit yang akan anda gunakan, dan silahkan baca juga artikel tips mudah merawat kulit agar terlihat cerah

Dan sebaiknya, hindari ketergantungan pada produk suplemen kulit, sehingga anda tidak perlu khawatir akan efek buruk dari penggunaan suplemen kulit jika digunakan dalam jangka panjang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *