Benarkah Sakit Mata Menular Melalui Tatapan Mata ?

Benarkah sakit mata bisa menular melalui pandangan atau tatapan mata ?

Banyak orang mempercayai hal tersebut, atau meyakini jenis sakit mata yang ditandai dengan merahnya bola mata, seperti konjungtivitis, bisa menular saat terjadi kontak penglihatan.

Karena hal tersebutlah, penderita sakit mata seringkali disarankan menggunakan kaca mata hitam untuk mengurangi kemungkinan tatapan mata langsung dengan orang lain.

Namun, benarkah demikan ? atau dapatkah hal tersebut dijelaskan secara medis ?

Sakit Mata Menular

Sakit mata, yang ditandai dengan merahnya bola mata, seringkali disebabkan karena peradangan atau infeksi.

Bagian konjungtiva (membran pelapis bola mata), atau lebih tepatnya pembuluh darah di area tersebut lah yang seringkali mengalami peradangan.

Peradangan pada membran pelapis bola mata tersebut bisa disebabkan karena reaksi alergi atau efek dari zat atau benda asing yang masuk ke mata

Namun, tidak jarang juga sakit mata yang kita alami disebabkan oleh virus atau bakteri.

Itulah mengapa sakit mata bisa menjadi gangguan kesehatan yang menular.

Namun, menghindari tatapan mata dengan penderita sakit mata bukanlah solusi untuk menghentikan penularan sakit mata.

Karena faktanya, sakit mata tidak bisa menular melalui pandangan mata.

Sakit mata menular karena terjadi perpindahan virus atau bakteri penyebab sakit mata tersebut.

Tangan, yang digunakan untuk menyentuh area mata yang sakit, bisa menjadi media perpindahan virus atau bakteri dari penderita sakit mata kepada orang lain yang kemudian menyebabkan orang tersebut ikut tertular sakit mata.

Selain tangan, perpindahan virus penyebab sakit mata juga bisa melalui barang pribadi, terutama yang sering mengenai mata, seperti handuk, alat rias mata, dan lensa kontak.

Tips Mencegah Tertular Sakit Mata

Sakit mata dan penularannya, berkaitan dengan baik atau tidaknya kebiasaan kita menjaga kebersihan diri.

Mencuci tangan dengan baik dan menggunakan tisu atau sapu tangan pribadi yang bersih untuk membersihkan area mata membuat kemungkinan tertular sakit mata menjadi sangat kecil.

Hindari juga meminjam atau menggunakan kosmetik atau alat riasan mata bersamaan. Silahkan anda baca juga, inilah bahaya lengkap kebiasaan pinjam meminjam alat riasan mata

Serta hindari terlalu sering menyentuh, atau mengucek mata, jika anda sedang mengalami sakit mata untuk mencegah penularan gangguan kesehatan mata tersebut kepada orang lain.