8 Rahasia Rambut Anti Rontok & Sehat Walau Berhijab

loading...

Rambut anti rontok walau berhijab. Ya, rambut patah dan mudah rontok bisa menghantui setiap perempuan, terutama mereka yang selalu menggunakan hijab atau penutup rambut.

Padahal idealnya, penggunaan hijab akan bisa melindungi rambut dari faktor-faktor yang mungkin merusaknya, seperti sinar matahari, debu, polusi, dan lain sebagainya.

Namun, bukan hanya hal-hal diatas yang mungkin merusak kesehatan rambut.

Perawatan yang kurang tepat, serta penggunaan produk perawatan rambut yang kurang cocok, juga bisa menyumbang masalah pada rambut yang menjadikannya tidak sehat, mudah patah, dan rontok.

Tips Rambut Anti Rontok Untuk Perempuan Berhijab

Berhijab bukan berarti mengabaikan tampilan dan kesehatan rambut.

Memiliki rambut sehat, tak bermasalah, dan terlindungi oleh hijab, tentunya merupakan hal yang dapat kita banggakan.

Untuk anda yang selalu menggunakan hijab, dan menginginkan memiliki rambut sehat tanpa masalah, beberapa tips berikut ini tidak ada salahnya untuk mulai anda ikuti.

1. Keringkan Rambut Sebelum Menggunakan Hijab

Rambut yang lembab atau cenderung basah dapat dikatakan berada pada kondisi lemah dan lebih mudah mengalami kerusakan.

Menggunakan hijab saat rambut masih basah, apalagi ditambah dengan mengikat rambut, membuat rambut yang lemah mengalami peregangan yang bisa bersifat merusak.

Rambut rontok, gatal, dan ketombe, adalah masalah yang bisa ditimbulkan dari kebiasaan menggunakan hijab saat rambut masih basah.

2. Biarkan Rambut Kering Secara Alami

Menggunakan alat pengering rambut mungkin bisa memangkas waktu persiapan anda sebelum beraktifitas di luar ruangan dan mengenakan hijab.

Namun. terlalu sering menggunakan pengering rambut akan membuat rambut anda kehilangan kelembaban alaminya.

Rambut menjadi lebih kering, dan mudah patah.

Jika anda memang perlu menggunakan pengering rambut, sebaiknya gunakan dengan suhu rendah. Juga hindari menggosok rambut menggunakan handuk terlalu keras untuk mengeringkan rambut.

3. Pilih Sisir yang Ramah Rambut

Sisir dengan jenis wide-tooth comb, atau sisir dengan gigi jarang, bukan hanya membuat anda lebih mudah merapihkan rambut, namun juga mengurangi resiko rambut tercabut dan patah.

Pergunakan sisir dengan gigi jarang untuk merapihkan rambut minimal 2 kali dalam satu hari, terutama sebelum anda mandi.

Rutin merapihkan rambut dengan cara menyisir bukan hanya membuat rambut selalu rapih, namun juga memberikan terapi pada kulit kepala yang merangsang sirkulasi darah yang bermanfaat bagi kesehatan rambut.

4. Lepas Hijab Pada Kondisi yang Memungkinkan

Saat berada di rumah, atau dalam ruangan saat dirasa memungkinkan, sangat disarankan untuk memberikan kesempatan rambut bernafas dan tergerai bebas.

Anda juga bisa menyempatkan diri memijat kulit kepala untuk membantu sirkulasi darah di kulit kepala anda.

5. Potong Rambut Secara Teratur

Ujung rambut yang kering, atau bercabang, bisa kita siasati dengan memotongnya secara rutin.

Waktu yang disarankan untuk memotong rambut adalah 5 atau 6 minggu sekali, agar rambut terlihat selalu rapih dan tumbuh dengan baik.

6. Gunakan Hijab Dengan Bahan yang Baik

Hijab yang menunjang kesehatan rambut adalah hijab dengan bahan kain yang memungkinkan sirkulasi udara dari luar kedalam, atau sebaliknya, berjalan dengan baik.

Hindari atau jangan terlalu sering menggunakan bahan sintetis, dan sangat disarankan menggunakan inner untuk mengurangi gesekan dari bahan hijab yang langsung mengenai permukaan rambut.

7. Jaga Kesehatan Rambut Dari Dalam

Bukan hanya produk perawatan rambut, makanan yang kita konsumsi ikut mempengaruhi tingkat kesehatan rambut kita.

Makanan yang kaya protein, dan zat besi, membantu rambut tumbuh lebih sehat dan kuat.

Jika dirasa perlu, anda juga bisa mengkonsumsi suplemen rambut untuk memastikan rambut anti rontok dan jauh dari masalah.

8. Gunakan Shampoo Khusus yang Berkhasiat Menguatkan Akar Rambut

Shampo yang diproduksi khusus untuk mengatasi masalah kerontokan rambut umumnya bersifat ringan dan nyaman digunakan walau pada kulit kepala yang sensitif.

Anda bisa memilih dari sekian banyak produk shampo yang memiliki kelebihan menguatkan akar rambut.

Namun, tetap hindari menggunakan shampo serta kondisioner terlalu sering.

Menggunakan shampo 2 hari sekali sudah cukup baik bagi rambut daripada menggunakannya setiap hari.