Mengulas Fakta Pembersih Wajah Tea Tree Oil

Salah satu cara untuk mencegah dan mengatasi jerawat adalah dengan menjaga kebersihan kulit wajah secara baik.

Apalagi, saat ini sudah banyak produk pembersih kulit wajah yang diformulasikan khusus untuk mencegah atau mengatasi jerawat.

Apakah anda saat ini sudah secara rutin menggunakan produk facial wash untuk jerawat ? Jika ya, apa jenis pembersih wajah yang anda gunakan ?

Apakah anda menggunakan produk pembersih wajah dengan kandungan tea tree oil ?

Ya, karena di artikel kali ini, cintai diri akan secara khusus membahas manfaat kandungan tea tree oil didalam produk pembersih wajah.

Baca juga, 6 cara menghilangkan bekas jerawat

Pembersih Wajah Tea Tree Oil

Pembersih Wajah Tea Tree Oil

Berdasarkan jurnal yang dipublikasikan di halamanĀ https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC1360273/, dijelaskan jika Tea Tree Oil atau TTO atauĀ Melaleuca Alternifolia Oil merupakan bahan alami yang bersifat antimikroba dan antiinflamasi, namun masih minim pembuktian medis mengenai manfaat TTO sebagai bahan antibakteri.

Namun, penggunaan TTO dipercaya di industri kosmetik memiliki manfaat sebagai bahan untuk mengatasi dan mencegah jerawat.

Itulah mengapa saat ini beberapa produk anti jerawat menyertakan bahan tea tree oil kedalam komposisi produknya.

Baca juga, inilah penyebab jerawat muncul lagi dan lagi

Namun, penting untuk kita ketahui, jika penggunaan bahan TTO bisa menyebabkan reaksi purging atau breakout pada sebagian besar orang, tergantung kondisi kulit wajah yang mereka miliki.

Pada mereka yang mendapatkan reaksi purging, kulit wajah sangat mungkin akan ditumbuhi lebih banyak jerawat kecil, ataupun hanya terasa kasar atau bersisik.

Namun reaksi tersebut hanya bersifat sementara.

Seiring waktu, kondisi wajah kemudian akan membaik dan mencapai kondisi terbaiknya, dimana masalah jerawat akan menghilang secara tuntas.

Namun, lain lagi jika efek yang didapat dari penggunaan tea tree oil merupakan reaksi breakout.

Dimana kulit wajah memperlihatkan kondisi penolakan akibat ketidakcocokan dengan bahan TTO yang kita gunakan.

Ciri-cirinya sama dengan reaksi purging, namun pada kondisi breakout, jerawat yang muncul disertai dengan perubahan warna kulit menjadi kemerahahan, radang, membengkak, bahkan bisa saja sampai ditumbuhi bisul.

Manfaat Pembersih Wajah Tea Tree Oil Untuk Masalah Jerawat

Dengan demikian, tidak ada salahnya kita mempergunakan pembersih wajah dengan kandungan tea tree oil untuk mengatasi jerawat.

Yang terpenting adalah produk yang anda gunakan sudah melalui uji BPOM, dan anda pun perlu memperhatikan reaksi kulit setelah penggunaan produk facial wash tersebut.

Jika kulit kemudian menunjukan reaksi breakout, sebaiknya anda segera menghentikan penggunaan produk tersebut.

Atau jika kulit sudah terlanjur ter-iritasi parah, sebaiknya anda segera mengunjungi dokter kulit untuk segera mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang tepat, agar reaksi akibat ketidakcocokan kulit dengan produk yang kita gunakan tidak menyebabkan resiko yang serius.