Memilih Odol Gigi Sensitif Jangan Sembarangan ! Ini Tips nya

Gigi sensitif, biasanya ditandai dengan rasa ngilu saat mengkonsumsi makanan panas atau dingin, merupakan gangguan yang terjadi di gigi akibat dari terbukanya dentin, atau lapisan dasar gigi.

Umumnya, dentin terbuka karena penipisan pada jaringan gusi.

Penyebabnya bisa beragam, namun yang umum menyebabkan gigi menjadi sensitif diantaranya,

  1. Kebiasaan menggosok gigi terlalu keras atau cepat
  2. Menggunakan sikat gigi dengan bulu yang keras
  3. Radang gusi
  4. Plak gigi
  5. Kebiasaan menggeretakkan gigi
  6. Menggunakan obat kumur beralkohol dalam jangka panjang
  7. Menggunakan pemutih gigi yang mengandung baking soda
  8. Sering mengkonsumsi makanan yang asam, dan
  9. Penyakit infeksi gusi.

Gigi sensitif bukanlah masalah yang tidak bisa diatasi. Namun, untuk mengatasinya terlebih dahulu harus diketahui sumber masalahnya.

Untuk itulah sebaiknya pemilik gigi sensitif melakukan pemeriksaan ke dokter gigi untuk mendapatkan tindakan pengobatan yang tepat.

Namun umumnya, dokter akan menyarankan penggunaan pasta gigi khusus untuk gigi sensitif.

Odol Untuk Gigi Sensitif

Odol Untuk Gigi Sensitif

Bagaimana pasta gigi atau odol untuk gigi sensitif membantu kita yang memiliki masalah gigi sensitif ?

Jawabannya terletak pada kandungan dari pasta gigi tersebut.

Bahan umum yang terkandung didalam odol untuk gigi sensitif biasanya adalah novamin. Bahan yang bisa menghasilkan lapisan pelindung dentin dengan efektif dan cepat.

Dengan tertutupnya dentin, tentu saja rasa ngilu yang sebelumnya kita rasakan saat mengkonsumsi makanan atau minuman yang terlalu panas atau dingin akan secara signifikan berkurang.

Oleh karena itu, jenis pasta gigi yang mengandung novamin merupakan pilihan odol untuk gigi sensitif yang paling tepat.

Selain menggunakan odol untuk gigi sensitif yang mengandung novamin, untuk mempercepat proses penyembuhan sebaiknya anda juga menggunakan produk perawatan gigi yang mengandung flouride.

Perhatikan juga kualitas sikat gigi yang anda gunakan, jika bulu sikat sudah tidak terasa lembut, sebaiknya anda mengganti sikat gigi dengan sikat gigi baru yang memiliki bulu lembut.

Untuk membersihkan rongga mulut secara maksimal, sebaiknya gunakan juga kawat gigi dan hindari menggunakan obat kumur yang mengandung alkohol.

Dengan menggunakan odol untuk gigi sensitif dan perawatan gigi yang baik, masalah gigi sensitif umumnya akan membaik dalam hitungan minggu.

Namun jika anda merasakan tidak ada perubahan, atau kondisi gigi sensitif semakin memburuk meskipun sudah mengikuti tips di atas, sebaiknya anda segera memeriksakan diri ke dokter gigi untuk mendapatkan saran pengobatan yang lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *