Waspada, Inilah 5 Tanda Nyeri Haid Tidak Normal

Nyeri haid tidak normal seringkali menunjukan adanya masalah atau gangguan kesehatan yang serius.

Nyeri yang terasa menjelang atau mengikuti masa haid, seringkali menyebabkan gangguan bagi setiap perempuan untuk melakukan aktivitasnya secara normal,

Rasa nyeri yang terasa di area pinggang dan perut bawah tersebut, tak hanya merubah mood menjadi kurang baik, namun juga menyebabkan kita menjadi lebih malas untuk beraktivitas.

Sebenarnya, tak ada yang salah dengan nyeri haid.

Nyeri saat haid merupakan gangguan haid umum yang bisa dialami oleh siapa saja, meskipun ada juga yang tidak mengalaminya.

Namun, yang harus kita waspadai adalah saat nyeri haid menunjukan gejala-gejala yang tidak normal.

Nyeri Haid Tidak Normal

Tingkat rasa sakit menstruasi yang dialami oleh setiap perempuan tidak sama satu dengan lainnya.

Dari sakit yang dapat dikatakan ringan, hingga ada juga yang merasakan rasa sakit saat haid yang terasa cukup menyiksa.

Meskipun rasa sakit tersebut seringkali kita alami setiap bulannya, ada 5 tanda sakit haid tidak normal yang perlu kita waspadai, yaitu

Nyeri Haid Lebih Dari 3 Hari

Nyeri saat haid kita rasakan saat terjadinya pelepasan prostaglandin yang mengikuti proses peluruhan jaringan endometrium.

Normalnya, rasa sakit atau kram tersebut terjadi tak lebih dari 2 atau 3 hari saja.

Jika anda merasakan nyeri haid yang tidak kunjung mereda setelah 3 hari, sebaiknya anda mewaspadai adanya ketidaknormalan dalam proses menstruasi yang anda alami.

Nyeri Haid Yang Terasa Menyiksa

Nyeri haid yang membuat kita sulit untuk sekedar berdiri adalah salah satu tanda nyeri haid tidak normal yang perlu kita waspadai.

Bukan hanya menyiksa secara fisik, nyeri haid yang berlebihan juga seringkali mengganggu emosi sehingga menyebabkan kita merasa mudah marah atau terganggu secara psikologis.

Nyeri Haid Sulit Diatasi

Nyeri haid umumnya dapat diredakan dengan obat jenis ibuprofen atau cukup dengan mengkompres area perut bawah menggunakan air hangat.

Namun, pada kasus nyeri haid tidak normal, sangat sulit untuk meredakan rasa sakit yang kita rasakan.

Nyeri Hanya Dapat Diredakan Menggunakan Obat Dari Dokter

Saat obat pereda nyeri jenis ibuprofen atau paracetamol tak lagi bisa meredakan rasa nyeri saat haid yang anda rasakan. Maka wajib untuk segera mengunjungi dokter dan mendapatkan pemeriksaan.

Jika ditemukan ketidaknormalan, seperti fibroid rahim, endometriosis, atau penyebab nyeri haid tidak normal lainnya, maka dokter akan merekomendasikan jenis obat yang paling cocok.

Nyeri Haid Yang Tidak Mengikuti Siklus Haid

Nyeri haid normalnya kita rasakan di awal siklus haid.

Jika rasa nyeri serupa rasa nyeri haid dirasakan diluar siklus menstruasi, atau berbeda tingkat rasa sakitnya setiap bulan, maka anda perlu mewaspadai adanya ketidaknormalan yang ditandai oleh rasa sakit tersebut.

Waspadai Nyeri Haid Yang Tidak Normal

Jika kita merasakan salah satu atau beberapa dari 5 tanda nyeri haid tidak normal di atas, pemeriksaan oleh dokter sangat kita butuhkan untuk dapat memastikan apakah rasa nyeri saat haid yang kita alami merupakan nyeri yang normal atau tidak.