Waspada, Inilah Penyebab Jerawat Muncul Lagi dan Lagi

Apakah anda merasa paling sering mengalami masalah jerawat dibanding orang lain di sekitar anda ?

Mengapa seseorang bisa dengan mudah atau lebih sering mengalami masalah jerawat dibanding orang lain ?

Dan mengapa jerawat masih tetap muncul terus-menerus meskipun sudah rutin merawat wajah dan membersihkan kulit wajah ?

Jerawat Muncul Terus Menerus

Masalah Jerawat di Kulit Wajah

Jika dibagi sesuai jenisnya, kulit manusia dapat dibagi menjadi 5 jenis, yaitu

  1. Kulit Normal
  2. Kulit Kering
  3. Kulit Berminyak
  4. Kulit Kombinasi, dan
  5. Kulit Sensitif.

Dari 5 jenis kulit di atas, mereka yang memiliki jenis kulit berminyak cenderung lebih rentan mengalami masalah jerawat.

Kulit Berminyak & Jerawat

Kulit berminyak merupakan kondisi dimana permukaan kulit mengandung lapisan minyak atau sebum dengan kadar lebih banyak dibanding jenis kulit lainnya.

Jika dilihat sepintas, pemilik kulit berminyak akan terlihat memiliki permukaan kulit yang tampak, atau lebih terlihat berkilau terutama di kulit bagian tengah wajah dan area dahi.

Tidak jarang juga pemilik kulit berminyak mempunyai pori-pori kulit yang lebih besar dibanding pemilik jenis kulit lainnya.

Lalu, apa hubungan kulit berminyak dan jerawat ?

Saat kita mengalami peningkatan produksi minyak di permukaan kulit wajah, kotoran, termasuk sisa make up, dan sel kulit mati, sangat mudah menempel dan masuk atau menyumbat pori-pori

Pori kulit yang tersumbat tersebut kemudian terlihat sebagai komedo, baik komedo terbuka ataupun tertutup, yang kemudian terinfeksi oleh bakteri jenis propionobacterium acnes, bakteri penyebab jerawat yang dapat berkembang biak dengan pesat di lapisan minyak wajah.

Itulah alasan mengapa pemilik kulit berminyak lebih besar kemungkinannya mengalami masalah jerawat.

Dan itu juga alasan, jika anda termasuk pemilik jenis kulit berminyak, anda lebih mudah dan sering mengalami masalah jerawat.

Namun, bukan berarti jerawat hanya dimiliki oleh pemilik jenis kulit berminyak saja.

Jenis kulit non berminyak pun bisa saja mengalami masalah jerawat, terutama jika kurang terjaga baik kebersihannya, atau kondisi kulit wajah yang kurang sehat akibat tidak terlindungi secara baik dari sinar matahari.

Mengenai hal tersebut, dua artikel yang perlu anda baca adalah tips memilih sabun sesuai jenis kulit, dan 5 tips mengatasi masalah flek hitam & jerawat.

Cara Mengatasi Jerawat Yang susah Hilang

Pengobatan jerawat hingga benar-benar hilang membutuhkan waktu yang tidak singkat.

Hindari memencet jerawat meskipun anda merasa jerawat tak kunjung sembuh atau jerawat susah hilang. Karena memecahkan jerawat sendiri bukan hanya berresiko menyebabkan infeksi namun juga dapat membuat jerawat meninggalkan bekas di kulit wajah yang sulit untuk dihilangkan.

Anda bisa menggunakan obat jerawat yang biasanya berjenis obat luar atau berbentuk salep.

Namun, karena obat jerawat merupakan campuran dari beberapa jenis bahan kimia yang bisa saja tidak ditoleransi oleh kulit, sebaiknya anda mendapatkan pemeriksaan terlebih dahulu oleh dokter kulit untuk kemudian mendapatkan saran pengobatan yang paling cocok dengan kondisi kulit anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *