Charcoal, Benarkah Bermanfaat Untuk Mengatasi Jerawat ?

loading...

Semakin dikenal luas dan dipercaya memiliki manfaat untuk kesehatan kulit, belakangan ini kita bisa menemukan semakin banyak produk skin care yang mempergunakan charcoal atau arang sebagai komposisi utama produk tersebut.

Umumnya, charcoal dipergunakan sebagai bahan produk anti jerawat, baik berupa sabun pembersih wajah, atau masker.

Namun, benarkah arang memiliki manfaat untuk mengatasi masalah jerawat?

Baca juga, fakta pembersih wajah dengan kandungan tea tree oil.

Manfaat Charcoal Untuk Jerawat

Manfaat Charcoal Untuk Jerawat

Meskipun semakin banyak produk skin care, terutama produk untuk mengatasi jerawat yang menyertakan charcoal dalam komposisinya.

Faktanya, sampai saat ini belum ada temuan dari penelitian ilmiah yang benar-benar menyatakan manfaat dari arang untuk mengatasi masalah jerawat.

Artinya, tidak ada fakta yang membuktikan jika arang membantu mengatasi masalah jerawat secara langsung.

Digunakannya bahan arang pada produk anti acne, lebih karena sifat arang yang diyakini cukup baik mengikat dan mengangkat bakteri, kotoran. dan kelebihan minyak dari dalam pori-pori kulit.

Seperti kita tau, jerawat merupakan masalah yang timbul akibat dari kombinasi kotoran yang menyumbat pori-pori, bakteri, dan kandungan minyak berlebih di permukaan kulit

Karenanya, penggunaan arang dalam produk anti jerawat dapat dikatakan lebih bersifat pelengkap dari bahan lainnya.

Umumnya, produk skin care berbahan charcoal juga menggunakan bahan salicylic acid, atau kaolin, yang memang umum dipergunakan untuk mengatasi masalah jerawat.

Meningkatnya trend penggunaan arang pada produk skin care juga disebabkan karena sifatnya yang tidak menimbulkan reaksi alergi, bahkan saat digunakan oleh pemilik kulit sensitif sekalipun.

Hal tersebut tentunya merupakan nilai lebih.

Mengingat, sebagian besar pemilik jenis kulit sensitif cenderung juga memiliki masalah dengan jerawat.

Artinya, dengan menggunakan produk skin care terutama pembersih wajah dengan bahan arang, walau tidak secara langsung mengatasi masalah jerawat, pemilik kulit sensitif bisa mendapatkan kulit wajah yang lebih bersih.

Dan tentunya tidak perlu khawatir dengan reaksi alergi yang mungkin ditimbulkan dari produk skin care yang kita gunakan.

Lebih lengkapnya, silahkan anda lanjutkan membaca ke artikelĀ tips belanja produk skin care untuk pemilik kulit sensitif.