Penyebab Kulit Tumit Kaki Pecah-Pecah & 5 Tips Mengatasinya

Kulit tumit kaki pecah-pecah ? Ya, bukan hanya kulit wajah yang butuh perawatan secara baik, kulit kakipun jika tidak dirawat dengan baik bisa mengalami masalah kulit yang seringkali berpengaruh pada rasa percaya diri.

Seperti halnya kita, setiap perempuan pastinya tidak ingin terlihat atau diketahui memiliki tumit kaki yang terlihat pecah-pecah bukan ?

Meskipun dapat disembunyikan dengan menutupinya menggunakan kaos kaki, namun tetap saja jika bisa, tentunya kita ingin menyembuhkannya.

Sebenarnya, apa sih penyebab kulit tumit terlihat belah atau pecah-pecah ?

Penyebab Tumit Pecah-Pecah

Kulit Kaki Pecah-Pecah

Proses tumit kaki menjadi pecah diawali saat kulit kaki mengalami pengurangan tingkat kelembabannya, atau permukaan kulit menjadi kering.

Karena berada di bagian bawah tubuh yang paling mendapat tekanan dari berat tubuh, kulit kaki yang kering tersebut kemudian menjadi pecah akibat tekanan yang tidak bisa ditolerir oleh kulit kaki yang kehilangan kelembaban dan elastisitasnya.

Selain masalah kelembaban yang hilang, ada beberapa faktor lainnya yang bisa menjadi penyebab kulit kaki pecah-pecah. Diantaranya adalah iritasi, yang bisa saja disebabkan karena bahan kimia seperti sabun atau detergen, infeksi jamur, dan perubahan suhu.

Bukan hanya faktor-faktor di atas, saat menginjak usia tua, kita pun bisa mengalami masalah kulit kaki pecah-pecah yang sulit dihindari, dikarenakan menurunnya kelembaban kulit seiring bertambahnya usia.

Cara Mengatasi Tumit Pecah-Pecah

Untuk mengatasi kulit tumit kaki yang pecah-pecah sebenarnya cukup mudah, ada banyak produk cream kaki yang secara khusus diproduksi untuk mengatasi masalah tersebut.

Namun, untuk mempercepat proses penyembuhannya, berikut tips yang bisa anda ikuti,

  1. Jaga kelembaban kulit kaki dengan menggunakan lotion secara berkala
  2. Biasakanlah membersihkan kulit kaki dari bahan kimia atau sabun sampai benar-benar bersih
  3. Cukupi kebutuhan konsumsi air agar kelembaban kulit terjaga dari dalam
  4. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran, dan
  5. Hindari membiarkan kulit kaki terendam air terlalu lama.

Jika kondisi kulit tumit kaki yang pecah-pecah tidak segera sembuh walau telah diobati dengan cream kaki secara rutin, ada baiknya anda mengunjungi dokter spesialis kulit untuk berkonsultasi dan mendapatkan tindakan pengobatan yang jauh lebih efektif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *