Kulit Kering & Berjerawat ? Ini Tips Ampuh Mengatasinya

Meski lebih sering dialami oleh pemilik jenis kulit berminyak, jerawat ternyata juga bisa menyerang pemilik kulit kering.

Ya, kulit kering berjerawat bukanlah hal yang tidak mungkin.

Karena meskipun pemilik kulit wajah dengan jenis kulit kering tidak memiliki masalah dengan kelebihan minyak, penyumbatan pori-pori yang memicu timbulnya jerawat bisa juga ditimbulkan karena sel kulit mati, kosmetik, dan kebersihan kulit wajah yang kurang baik.

Tips Mengatasi Kulit Kering & Berjerawat

Sebelumnya, pastikan anda sudah mengetahui 5 jenis kulit wajah & tips perawatannya.

Karena kemudian kita akan tau jika kulit kering sebenarnya merupakan tanda adanya masalah pada kulit.

Kulit wajah yang kering memiliki keterbatasan kemampuan untuk melindungi diri dari bakteri, dan lebih rentan ter iritasi.

Karena sifatnya yang lebih sensitif tersebut, saat sudah terkena jerawat, sebaiknya kita tidak sembarangan menggunakan produk anti jerawat.

Untuk pemilik kulit wajah dengan jenis kulit kering berjerawat, sebaiknya hindari produk anti jerawat dan perawatan wajah yang mengandung bahan kimia keras, terutama obat jerawat yang mengandung retinol.

Serta sangat disarankan untuk rutin menggunakan produk wajah yang berfungsi memelihara kelembaban kulit, seperti pelembab, toner, atau serum wajah.

Baca juga, tips menggunakan pelembab untuk pemilik jenis kulit kering

Obat Jerawat Untuk Kulit Kering

Kandungan bahan kimia yang terdapat di dalam komposisi obat jerawat pada dasarnya bisa membuat wajah menjadi kering.

Jika digunakan oleh pemilik jenis kulit kering berjerawat, selain membuat kulit menjadi semakin kering, obat jerawat berbahan kimia keras juga meningkatkan resiko iritasi kulit.

Oleh karena itu, sebaiknya perhatikan reaksi kulit pada saat menggunakan obat jerawat, dan segera hentikan penggunaannya jika kulit menunjukan gejala iritasi.

Namun, jika obat jerawat yang anda gunakan tidak menyebabkan iritasi, untuk menjaga kesehatan kulit wajah, ada baiknya gunakan cream pelembab lebih sering agar kelembaban kulit wajah terjaga.

Tips Mencegah Jerawat Untuk Pemilik Kulit Kering

Tingkat kebersihan kulit wajah memang memiliki hubungan dengan masalah jerawat.

Sangat tepat jika anda berpikir membersihkan kulit wajah dapat mencegah timbulnya jerawat.

Namun terlalu sering mencuci wajah justru berdampak kurang baik, karena bisa menyebabkan terbuangnya lapisan minyak alami kulit wajah yang berfungsi menjaga kelembaban alami wajah.

Untuk menghindarkan kulit wajah dari masalah jerawat, bersihkan kulit wajah secara baik di malam hari sebelum anda tidur, dan gunakan produk sabun pembersih wajah untuk kulit sensitif & berjerawat.

Gunakan juga make up remover tanpa kandungan alkohol dan minyak, untuk mengangkat kotoran dan sisa riasan yang sangat mungkin tertinggal di pori-pori kulit wajah yang jika dibiarkan bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat di kulit wajah anda.