Karsinogen, Benarkah Bisa Menjadi Pemicu Timbulnya Kanker ?

Pernahkah anda mendengar istilah karsinogen ?

Penjelasan paling umum untuk karsinogen adalah zat berbahaya yang bisa memicu timbulnya kanker.

Namun, apakah anda tau fakta sebenarnya mengenai zat karsinogen ?

Karsinogen

Zat-zat yang dikategorikan sebagai karsinogen, memiliki sifat mempengaruhi pertumbuhan sel, atau menyebabkan sel tumbuh secara tidak normal.

Pertumbuhan sel yang tidak normal tersebut yang kemudian dinamai kanker saat pertumbuhannya semakin tidak terkontrol dan agresif.

Ada banyak hal yang bisa memicu pertumbuhan sel tidak normal, namun yang paling umum atau paling banyak memicu timbulnya kanker diantaranya

  • Gaya hidup kurang sehat
  • Merokok
  • Kurang olahraga
  • Virus, dan
  • Polusi

Meskipun zat karsinogen bisa menjadi pemicu timbulnya kanker. Faktanya. tidak semua zat karsinogen yang terpapar tubuh bisa menimbulkan resiko kanker.

Jenis dari zat karsinogen yang masuk atau terpapar di tubuh, jumlah zat karsinogen yang terdapat di dalam tubuh, dan imunitas atau kekebalan tubuh, juga ikut mempengaruhi dapat atau tidaknya zat karsinogen memicu pertumbuhan sel kanker.

Menghindari Karsinogen dan Resiko Kanker

Ada setidaknya 5 jenis zat karsinogen yang paling sering kita temui, dan sangat mungkin kita hindari untuk meminimalkan kemungkinan resiko tumbuhnya sel kanker, yaitu

  1. Asap Rokok, memicu timbulnya resiko kanker paru-paru, kanker pankreas, dan kanker tenggorokan
  2. Makanan yang diawetkan
  3. Virus, atau parasit, seperti Human Papilomavirus atau HPV
  4. Paparan sinar UV berlebih yang bisa memicu timbulnya kanker kulit, dan
  5. Zat-zat berbahaya seperti asbestos, tar batubara, radiasi solar, benzena, dan debu kayu.

Namun, seperti sudah dijelaskan sebelumnya, meskipun dapat digolongkan sebagai zat karsinogen, tidak semua orang yang terpapar zat-zat di atas memiliki kemungkinan mengalami kanker.

Namun, menghindari atau mengurangi zat karsinogen yang mengenai atau masuk kedalam tubuh jauh lebih baik untuk mencegah pertumbuhan sel tidak normal yang bisa memicu timbulnya kanker.

Menghindari asap rokok, memulai gaya hidup sehat, rutin berolahraga, menggunakan tabir surya saat beraktifitas di luar ruangan, dan menghindari zat-zat berbahaya yang bersifat karsinogen, bisa mengurangi kemungkinan timbulnya sel kanker di dalam tubuh kita.