Inilah Fakta Penting Seputar Jerawat & Tips Mengatasinya

Salah satu masalah yang paling sering dialami, dan dirasa paling mengganggu oleh perempuan akibat kondisi kulit wajah yang kurang sehat adalah jerawat.

Ya, jerawat memang menyebalkan. Bukan hanya merusak penampilan, jerawat juga bisa menyebabkan kita stress dan kurang percaya diri, terutama jika jerawat muncul di area kulit wajah yang bisa dengan jelas terlihat.

Jerawat memang sering muncul di kulit wajah, dan bahkan seringkali di identikan dengan masalah wajah.

Meskipun sebenarnya, jerawat bukan hanya bisa muncul di kulit wajah.

Permukaan kulit di bagian punggung, dada, dan leher, juga merupakan area tubuh yang bisa menjadi tempat munculnya jerawat.

Jerawat

Gambar Jerawat

Dapat dikatakan, hampir semua perempuan pasti pernah mengalami masalah jerawat.

Umumnya, masalah jerawat pertama kali dialami saat menginjak usia remaja, atau di kisaran 14 – 20 tahun. Dengan tingkat kemungkinan perempuan 5 kali lebih rentan mengalami masalah jerawat dibanding laki-laki.

Perubahan hormon pada kisaran usia tersebut-lah yang menjadi salah satu penyebab mengapa remaja lebih sering mengalami masalah jerawat.

Pada usia dibawah 20 tahun, perubahan hormon di dalam tubuh bisa merangsang produksi berlebih sebum atau minyak di permukaan kulit, yang kemudian menyebabkan kotoran serta sel kulit mati lebih mudah menempel dan menyumbat pori-pori kulit.

Kandungan minyak di permukaan kulit juga bisa menjadi tempat berkembang biaknya bakteri jenis Propionobacterium acnes yang juga dikenal sebagai penyebab timbulnya jerawat di kulit kita.

Sebaiknya anda baca juga, tips perawatan wajah untuk kulit berminyak

Selain di usia remaja, didalam tubuh seorang perempuan juga terjadi perubahan tingkat hormon pada masa-masa menstruasi dan kehamilan.

Oleh karena itu, pada 2 masa tersebut, seorang perempuan juga rentan mengalami masalah jerawat.

Cara Mengatasi Jerawat

Cara Mengatasi Jerawat

Masalah jerawat dapat dikatakan sulit untuk dicegah, namun bukan berarti jerawat tidak bisa diatasi.

Saat ini, ada banyak produk yang secara khusus diproduksi untuk mengatasi masalah jerawat.

Umumnya, produk-produk tersebut memanfaatkan bahan konsentrat benzoil peroksida rendah, bahan kimia yang sebenarnya diperuntukan bagi industri tekstil sebagai bahan pemutih pakaian, namun bisa juga dimanfaatkan sebagai bahan anti jerawat.

Selain menggunakan obat anti jerawat, ada baiknya anda juga melakukan konsultasi dengan ahli medis, terutama jika masalah jerawat yang anda alami terasa lebih sulit untuk disembuhkan dari biasanya.

Pada kasus-kasus tertentu, berdasarkan pertimbangan medis, anda mungkin membutuhkan produk antibiotik yang membutuhkan resep dokter.

Dan yang paling penting, jangan abaikan masalah jerawat yang tak kunjung sembuh.

Jerawat yang tumbuh dalam waktu lama, atau tidak segera diatasi, sangat mungkin menyebabkan komplikasi yang kemudian akan meninggalkan bekas luka yang cukup sulit dihilangkan.

Hindari juga melakukan jalas pintas dengan memencet jerawat.

Alih-alih membuat jerawat cepat hilang, memencet jerawat justru membuat jerawat meninggalkan noda di kulit yang akan terlihat secara permanen, atau lebih dikhawatirkan lagi, menimbulkan infeksi yang tentunya tidak kita harapkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *