Kenapa Seseorang Bisa Terkena Masalah Flek Wajah ? Ini Penjelasannya

Salah satu efek buruk yang ditimbulkan akibat kulit wajah sering terkena paparan sinar matahari tanpa perlindungan tabir surya, adalah munculnya flek atau noda hitam yang terlihat seperti bintik-bintik di kulit wajah.

Flek yang tampak seperti bintik bintik hitam tersebut sebenarnya merupakan melanin yang merupakan penentu warna kulit kita. Yang kemudian secara samar atau jelas terlihat dari luar kulit karena mengandung melanosome berlebih.

Meskipun masalah bintik melanin tersebut paling sering muncul di kulit wajah, sebenarnya bukan hanya wajah yang bisa mengalami masalah flek.

Kulit di bagian leher, dada, punggung, lengan , dan bahu, juga bisa mengalami masalah flek hitam atau dikenal dengan nama ephelis dalam istilah medis.

Flek Hitam di Kulit

Flek Hitam di Kulit Wajah

Flek hitam atau ephelis umumnya bukanlah masalah kulit yang berbahaya.

Bintik-bintik noda yang muncul di kulit tersebut pun sangat mungkin memudar jika intensitas sinar matahari yang mengenai kulit berkurang.

Namun, bukan berarti masalah ephelis layak untuk diabaikan.

Meskipun memiliki tingkat kemungkinan yang kecil, ephelis bisa merupakan salah satu gejala dari penyakit kulit yang berbahaya.

Contohnya xeroderma pigmentosum, dimana kulit mengalami peningkatan sensitifitas terhadap ultraviolet, dan neurofibromatosis, penyakit yang diakibatkan masalah di jaringan saraf kulit.

Baca juga, tips memaksimalkan penggunaan cream pelembab untuk pemilik kulit kering.

Selain 2 penyakit di atas, flek hitam normal juga sedikit sulit dibedakan dengan gejala awal melanoma, atau kanker kulit yang biasanya mulai tumbuh dari tahi lalat di kulit yang bisa dipicu karena sinar matahari.

Tanpa mengabaikan resiko penyakit-penyakit berbahaya tersebut, ephelis yang tidak berbahaya sekalipun akan tetap dirasa menjadi masalah oleh perempuan.

Munculnya noda atau flek hitam di wajah, sudah tentu akan membuat kecantikan penampilan kulit wajah menjadi berkurang.

Apalagi mengatasi masalah flek hitam bukanlah hal yang mudah, penanganannya membutuhkan waktu dan kesabaran. Meskipun ada jalan pintas yang bisa diambil seperti menyamarkannya menggunakan make up.

Jika ingin secepatnya menghilangkan flek hitam, anda bisa melakukan terapi laser, namun tentunya dengan biaya yang tidak murah.

Jadi, sebelum flek hitam terlanjur memenuhi kulit wajah anda, ada baiknya anda melakukan pencegahan sambil menjalani pengobatan flek yang terlanjur terlihat.

Menggunakan tabir surya ber-SPF, dan melindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung menggunakan payung atau topi sudah cukup bisa mengurangi kemungkinan munculnya ephelis atau flek hitam di kulit wajah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *