Lengkap, Efek Samping Kopi Hijau Jika Digunakan Untuk Diet

Efek samping kopi hijau, adakah ? dan benarkah kopi hijau bermanfaat untuk diet ?

Saat ini, penggunaan kopi hijau yang disertakan kedalam produk diet, seperti suplemen pelangsing atau minuman seduhan, mengundang banyak pertanyaan dari perempuan yang sedang ingin melakukan program diet.

Seperti, benarkah kopi hijau bisa membantu program diet ? dan adakah efek samping kopi hijau untuk kesehatan ?

Efek Samping Kopi Hijau

Efek Samping Kopi Hijau
Suplemen Kopi Hijau

Untuk diketahui, kopi hijau atau tepatnya ekstrak kopi hijau merupakan ekstrak yang diambil dari biji kopi biasa yang tidak dipanggang.

Artinya yang membedakan bentuk kopi hijau dengan kopi biasa hanyalah proses pemanggangan, yang membuat kopi biasa menjadi hitam.

Sedangkan dari sisi kandungan, kopi hijau dipercaya mengandung asam klorogenat lebih tinggi, senyawa antioksidan yang akan berkurang jumlahnya setelah kopi melalui proses pemanggangan.

Asam klorogenat itulah yang kemudian dipercaya menjadi senyawa yang bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan.

Namun, benarkah kopi hijau bermanfaat untuk membantu program diet ?

Kopi Hijau Untuk Diet

Lewat sebuah jurnal medis NCBI ditemukan fakta jika ternyata kopi hijau memang bisa membantu menurunkan kadar lemak dalam tubuh.

Namun tingkat khasiatnya hanya sedikit saja, atau membutuhkan konsumsi kopi hijau dalam jangka panjang untuk mendapatkan hasil penurunan berat badan.

Manfaat tersebut tidak sebanding dengan efek samping kopi hijau saat dikonsumsi secara sering dan terus menerus.

Karena seperti kita tau, dalam kopi, termasuk kopi hijau, terkandung kafein yang memiliki efek samping diantaranya gangguan sakit kepala, gangguan pencernaan, dan sulit tidur.

Bahkan efek samping dari kafein bisa lebih serius saat diberikan kepada seseorang yang menderita diabetes, hipertensi, dan osteoporosis.

Sedangkan penggunaannya untuk ibu hamil dan menyusui masuk kedalam kategori tidak disarankan, atau sebaiknya dihindari.

Efek Samping Kopi Hijau Untuk Diet

Bagaimanapun, pro kontra terhadap sebuah temuan medis merupakan hal yang wajar.

Karena dengan mengesampingkan efek dari kafein yang terkandung di dalamnya, seperti ditulis di atas, penggunaan jangka panjang kopi hijau bisa membantu menurunkan berat badan.

Silahkan anda baca juga, cara cepat & mudah menurunkan berat badan

Namun, tidak ada salahnya jika sebelum anda memutuskan untuk mengkonsumsi atau melanjutkan konsumsi kopi hijau, terlebih dahulu anda berkonsultasi mengenai kemungkinan efek samping kopi hijau terhadap kondisi kesehatan anda.

Dokter akan sangat mungkin melarang penggunaan kopi hijau jika diketahui anda memiliki resiko gangguan kesehatan seperti diabetes dan hipertensi, atau sedang menjalani program pengobatan menggunakan obat-obat jenis tertentu.