Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat & Mudah

Memiliki tubuh langsing ideal merupakan idaman semua perempuan, sehingga wajar jika cara menurunkan berat badan dengan cepat dan mudah menjadi tips yang paling dicari saat ini.

Sayangnya, untuk menurunkan berat badan tidak ada cara yang benar-benar mudah.

Ketekunan dan pemahaman akan apa yang sedang anda lakukan untuk menurunkan berat badan, merupakan 2 hal penting untuk memastikan tujuan anda tercapai dan anda jauh dari resiko yang bisa membahayakan kesehatan.

Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat

Kebanyakan perempuan menganggap diet ketat merupakan pilihan paling tepat untuk menurunkan berat badan dengan cepat.

Metodenya dengan mengurangi atau membatasi jumlah konsumsi makanan.

Padahal, selain terasa menyiksa jika dilakukan dalam jangka panjang, mengurangi asupan nutrisi dan zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh juga beresiko mengganggu kesehatan tubuh.

Metode diet ketat juga memiliki kekurangan yang dikenal dengan istilah efek yoyo, dimana anda mendapatkan penurunan berat yang cepat, namun juga rentan mengalami kenaikan berat badan cepat di kemudian hari.

Efek yoyo inilah yang bukan hanya membuat pengorbanan anda untuk menahan lapar menjadi sia-sia, namun juga tak jarang berdampak secara psikologis, menyebabkan anda stress dan putus asa untuk mendapatkan tubuh yang langsing dan berat badan ideal.

Tips Menurunkan Berat Badan

Untuk menghindari efek yoyo, sebaiknya kita jangan pernah menargetkan untuk dapat menurunkan berat badan secepat mungkin.

Penurunan berat badan yang baik dan aman menurut pakar diet adalah sekitar setengah sampai 1 setengah kilogram per pekan.

Meskipun terasa lambat, menurunkan berat badan secara bertahap akan lebih mudah dilakukan dalam jangka panjang dan memberikan hasil yang pasti, tanpa menimbulkan efek samping yang berbahaya.

Lalu, bagaimana cara menurunkan berat badan yang aman dan mudah dilakukan ?

Anda bisa mengikuti beberapa tips di bawah ini,

Cara Menurunkan Berat Badan

Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat & Mudah

Atur & Batasi Jumlah Konsumsi Kalori

Taukah anda jika jumlah kalori yang kita dapat dari makanan yang kita konsumsi merupakan faktor utama yang mempengaruhi berat badan ?

Artinya, dengan mengurangi konsumsi kalori, secara pasti kita juga akan dapat mengurangi berat badan.

Jika dihitung dengan jumlah 100gr, berikut kandungan kalori yang kita dapatkan dari makanan yang paling umum kita konsumsi,

Kandungan Kalori /100gr Makanan

Jenis MakananJumlah Kalori
Nasi 175
Roti Tawar256
Mie Instan336
Bubur Ayam86
Kentang Goreng140
Mie Goreng160
Nasi Goreng267
Ayam Bakar125
Mie Bakso150

Cukup mengurangi 500 dari total kebutuhan harian kalori tubuh kita, atau lebih tepatnya membatasi asupan kalori tidak lebih dari 1500/hari, anda sudah bisa mendapatkan penurunan berat tubuh.

Lakukan Olahraga Ringan

Jangan berharap mendapatkan tips langsing tanpa olahraga. Kenapa harus malas berolahraga ?

Selain membantu menurunkan berat tubuh, olahraga juga bermanfaat sangat besar untuk kesehatan tubuh.

Anda tidak perlu melakukan olahraga berat atau yang membutuhkan sarana dan perlengkapan. Aerobik, jogging, memperbanyak berjalan atau melangkah, dan bahkan sedikit menari sambil mengerjakan pekerjaan rumah pun sudah dihitung sebagai olahraga.

Lakukan Dengan Keyakinan

Yakinlah jika dilakukan dengan benar dan konsisten, apa yang anda lakukan akan menurunkan berat badan anda ke angka yang anda kehendaki.

Hindari putus asa untuk menurunkan berat badan.

Dan pastikan gaya hidup anda membuat anda semakin yakin bisa mencapai berat tubuh yang ideal.

Artinya, anda yakin jika apa yang anda lakukan setiap hari, termasuk gaya hidup, bisa membantu anda menurunkan berat badan.