Cara Ampuh Menghilangkan Alergi Gatal di Kulit Wajah

Rasa gatal di wajah bisa terasa sangat menggangu, bahkan mengganggu istirahat jika terjadi di malam hari. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui cara menghilangkan alergi gatal di wajah.

Reaksi alergi berupa rasa gatal bisa terjadi di seluruh bagian permukaan kulit kita, salah satunya di kulit wajah.

Namun khusus untuk rasa gatal di kulit wajah, diyakini jika penyebab umum dari rasa gatal yang kita alami tersebut biasanya adalah efek dari masalah dermatitis kontak.

Alergi Gatal di Kulit Wajah

Cara Menghilangkan Alergi Gatal di Wajah

Dermatitis kontak, adalah reaksi alergi yang terjadi akibat kulit bersentuhan langsung dengan zat pemicu alergi.

Pada saat sentuhan tersebut, sistem imun tubuh berusaha melindungi tubuh dari zat yang dianggap bisa membahayakan.

Dan zat pemicu alergi tersebut bisa berasal dari mana saja, termasuk diantaranya sabun wajah yang kita gunakan, serum wajah, cream wajah, dan produk perawatan wajah lainnya.

Saat wajah mengalami dermatitis kontak, kulit wajah akan berubah menjadi kemerahan dan disertai dengan rasa gatal, bahkan bisa sampai terjadi peradangan.

Cara Menghilangkan Alergi Gatal di Wajah

Walaupun penyebab umum dari rasa gatal adalah dermatitis kontak, namun tidak selalu demikian.

Karena bukan tidak mungkin juga rasa gatal di wajah yang kita alami merupakan reaksi alergi yang disebabkan oleh makanan yang kita konsumsi.

Reaksi alergi ini bisa mudah kita ketahui karena efeknya akan terlihat setelah kita menyantap jenis makanan tertentu.

Alergi gatal di wajah bisa kita atasi atau hindari, salah satu caranya adalah dengan mengikuti tips-tips berikut ini,

  1. Menghindari pemicu alergi. Untuk melakukannya, wajib bagi kita untuk terlebih dahulu mengetahui penyebab gatal di kulit wajah yang kita alami, apakah dermatitis kontak atau alergi makanan.
  2. Bersihkan wajah dengan baik, disarankan 2 kali sehari, dan hindari mencuci wajah terlalu sering.
  3. Untuk dapat membersihkan wajah dengan baik, sebaiknya anda juga membaca artikel tips memilih sabun sesuai jenis kulit.

  4. Hindari penggunaan produk perawatan wajah secara berlebihan, terutama jenis produk wajah berbahan kimia dan jenis cream pemutih wajah.
  5. Baca juga, benarkah suplemen pemutih kulit lebih baik dari cream pemutih ?

  6. Hindari stres, karena berdasarkan penelitian, stres juga bisa menjadi penyebab meningkatnya kemungkinan terjadinya reaksi alergi.

Karena alergi bukanlah sebuah penyakit, melainkan reaksi alami tubuh untuk melindungi diri dari zat yang diduga berbahaya, tidak ada obat khusus untuk benar-benar menyembuhkan alergi.

Oleh karena itu, jika reaksi alergi atau rasa gatal di kulit wajah yang anda alami terus berlanjut meskipun anda sudah mengikuti tips-tips di atas, ada baiknya anda menyempatkan waktu untuk melakukan konsultasi dengan dokter spesialis kulit.