8 Cara Mengatasi Rambut Rontok Setelah Melahirkan

Cara Mengatasi Rambut Rontok Setelah Melahirkan – Masalah rambut rontok pasca persalinan merupakan masalah yang sangat umum dialami oleh perempuan.

Setelah melahirkan atau pada masa menyusui, banyak perempuan mengeluhkan jumlah rambut yang terlihat rontok tampak lebih banyak dibanding sebelumnya.

Rambut Rontok Setelah Melahirkan

Cara Mengatasi Rambut Rontok Setelah Melahirkan

Untuk kita ketahui, setiap harinya akan ada beberapa helai rambut yang rontok di kepala kita, mengikuti masa atau fase pertumbuhan rambut.

Namun terkadang, kita akan menemukan lebih banyak helai rambut yang rontok pada kondisi tertentu diluar masa kehamilan.

Penyebab meningkatnya jumlah rambut yang rontok diluar masa kehamilan seringkali dikarenakan oleh hal-hal yang tidak berhubungan langsung dengan fase pertumbuhan rambut.

Contohnya seperti stress, dan penggunaan bahan kimia yang rentan merusak kesehatan rambut seperti pewarna rambut, pengeriting, dan pelurus rambut.

Selain 2 hal tersebut, masalah kerontokan rambut juga bisa dipicu karena gangguan kesehatan, seperti demam tinggi, anemia, dan saat tubuh kekurangan zat besi dan protein.

Mengatasi Rambut Rontok Setelah Melahirkan

Saat seorang perempuan sedang hamil, fase pertumbuhan dan siklus kerontokan rambut mengalami perubahan.

Penyebabnya adalah meningkatnya kadar hormon estrogen di dalam tubuh perempuan saat sedang hamil.

Peningkatan kadar hormon estrogen tersebutlah yang memberikan pengaruh terhadap masa atau fase pertumbuhan rambut.

Membuat fase pertumbuhan menjadi lebih panjang dan menunda siklus kerontokan rambut, menyebabkan tertundanya proses pelepasan helai rambut yang seharusnya sudah rontok, sehingga terkesan rambut lebih jarang rontok.

Dan peningkatan kadar hormon tersebut akan bertahan selama masa kehamilan.

Pasca melahirkan, atau lepas dari masa kehamilan, kadar estrogen kemudian akan berkurang, diikuti dengan fase pertumbuhan rambut yang kembali normal.

Efeknya, rambut yang sebelumnya tertahan, rontok bersama rambut lainnya.

Pada saat inilah rambut rontok menjadi terlihat lebih banyak dari biasanya.

Dengan demikian, dapat kita katakan jika masalah rambut rontok yang dialami perempuan setelah lepas masa kehamilan sebenarnya merupakan hal yang wajar.

Sebagian besar perempuan pun hanya mengalaminya selama beberapa bulan setelah melahirkan saja.

Namun, tidak jarang juga ada yang mengalami masalah rambut rontok tersebut dalam jangka waktu yang lebih panjang, inilah yang kemudian membuat banyak perempuan merasa khawatir dengan masalah kerontokan rambut yang dia alami.

Tips Cara Mengatasi Rambut Rontok Setelah Melahirkan

Cara Mengatasi Rambut Rontok Setelah Melahirkan

Tidak usah merasa khawatir dengan masalah kerontokan rambut yang anda alami.

Karena terjadi secara alami dan sulit dihindari, penanganan tepat yang dilakukan pasca persalinan merupakan solusi cara mengatasi rambut rontok setelah melahirkan.

Dengan penanganan yang tepat, masalah rambut rontok setelah melahirkan sangat mungkin diatasi.

Dan berikut cara mengatasi rambut rontok setelah melahirkan yang bisa anda ikuti

  1. Hindari Tarikan Berlebih
  2. Setelah melahirkan, rambut membutuhkan perlakuan yang lembut.

    Karena pada masa tersebut, tarikan berlebih bisa membuat rambut lebih mudah rontok.

    Hal-hal yang harus anda hindari adalah menyisir rambut pada saat rambut sedang basah, menggosok rambut dengan keras menggunakan handuk untuk mengeringkannya, dan mengikat atau menguncir rambut

  3. Kurangi Paparan Panas Berlebih
  4. Menggunakan alat panas untuk membentuk rambut, seperti alat pelurus dan hair dryer bisa meningkatkan volume rambut yang rontok.

    Sebaiknya anda kurangi penggunaan 2 alat tersebut. Atau jika anda sedang membuthkan waktu yang cepat untuk mengeringkan rambut, anda bisa menggunakan alat pengering rambut dengan suhu yang rendah.

  5. Konsumsi Makanan Kaya Zat Gizi
  6. Untuk mengurangi kerontokan rambut, perbanyak konsumsi makanan yang kaya akan kandungan protein, Vitamin B, Vitamin C, dan Vitamin E.

  7. Gunakan Shampo Yang Tepat
  8. Seperti yang sudah dijelaskan di artikel 4 tips memilih shampo sesuai jenis rambut, pilihan shampo yang kita gunakan haruslah sesuai dengan kebutuhan rambut dan kulit kepala.

    Seperti contohnya saat anda mengalami masalah kerontokan rambut, anda bisa memilih menggunakan shampo yang diformulasikan secara khusus untuk mengatasi rambut rontok dan merangsang pertumbuhan rambut.

    Umumnya, shampo yang memiliki manfaat tersebut adalah jenis shampo herbal.

Mengatasi Rambut Rontok Setelah Melahirkan Secara Alami

Untuk membantu mengatasi atau mengurangi rambut rontok setelah melahirkan, anda juga bisa memanfaatkan bahan-bahan dari alam, seperti lidah buaya, kemiri, alpukat, dan teh hijau.

Berikut cara memanfaatkan 4 bahan alam tersebut untuk mengatasi masalah kerontokan rambut.

  1. Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Lidah Buaya
  2. Lidah buaya atau aloe vera merupakan bahan alam yang dikenal memiliki khasiat atau manfaat untuk mempercepat pertumbuhan rambut.

    Namun bukan hanya membuat rambut lebih tebal, lidah buaya juga bisa kita pergunakan untuk mengatasi masalah rambut rontok.

    Caranya dengan mengoleskan langsung lendir yang terdapat didalam daun lidah buaya ke kulit kepala dan rambut anda.

    Untuk hasil yang lebih baik, sebaiknya basahi dahulu rambut dan tunggu hingga setengah kering sebelum dioles lendir lidah buaya.

    Kemudian diamkan selama 20 menit sebelum rambut dicuci atau dibersihkan.

    Anda bisa melakukan pengobatan rambut rontok dengan lendir lidah buaya tersebut secara berkala, 2 atau 3 kali dalam seminggu.

  3. Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Kemiri
  4. Selain lidah buaya, kemiri, atau lebih tepatnya minyak kemiri, juga bermanfaat untuk mengatasi masalah rambut rontok dengan cara menguatkan akar rambut.

    Untuk mengatasi masalah rambut rontok, anda hanya perlu menyiapkan minyak kemiri, yang bisa anda dapat dengan cara menyangrai kemiri hingga mengeluarkan minyak.

    Atau untuk lebih mudahnya, anda bisa membeli minyak kemiri kemasan yang saat ini sudah tersedia banyak pilihan merk dan bisa dengan mudah anda dapatkan.

    Aplikasikan minyak kemiri tersebut ke seluruh permukaan rambut, kemudian biarkan hingga meresap sebelum mencuci rambut.

  5. Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Alpukat
  6. Selain enak dibuat minuman atau disantap langsung, siapa sangka jika ternyata alpukat pun memiliki manfaat untuk mengatasi masalah rambut rontok.

    Tepatnya dengan menggunakan alpukat sebagai masker rambut.

    Untuk mendapatkan masker rambut dari buah alpukat, anda hanya perlu menghaluskan buah alpukat menggunakan blender.

    Buah alpukat yang sudah dihaluskan tersebut kemudian anda gunakan di seluruh permukaan rambut secara merata, kemudian diamkan hingga zat-zat bermanfaat didalam buah alpukat meresap kedalam rambut dan kulit kepala, kurang lebih selama 15 sampai 20 menit.

    Setelahnya, gunakan shampo untuk membersihkan rambut.

  7. Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Teh Hijau
  8. Terakhir, bahan alami yang bisa anda gunakan untuk mengatasi masalah rambut rontok adalah teh hijau.

    Caranya menggunakan teh hijau untuk mengatasi rambut rontok dapat dikatakan sangat mudah.

    Jika anda mempunyai teh hijau, anda hanya perlu menyeduhnya menggunakan air panas.

    Tunggu hingga air seduhan teh hijau tersebut menjadi dingin, kemudian anda pergunakan air seduhan tersebut untuk membasahi rambut dan kulit kepala.

    Tunggu hingga air rebusan teh hijau mengering di rambut dan kulit kepala anda lalu kemudian cuci dan bersihkan rambut menggunakan shampoo.

Karena lebih berhubungan dengan masalah hormonal, mengatasi rambut rontok setelah melahirkan membutuhkan proses dan ketekunan.

Namun dengan penanganan yang tepat, paling tidak anda sudah bisa mengurangi jumlah helai rambut yang rontok setiap harinya.

Jika anda merasa masalah kerontokan rambut berlangsung terlalu lama atau anda khawatir dengan banyaknya jumlah helai rambut yang rontok, anda bisa melakukan konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pemeriksaan secara medis dan mendapatkan pengobatan yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *