Penyebab & Cara Mengatasi Bau Mulut di Pagi Hari

Sering mengalami atau merasa nafas beraroma kurang sedap atau bau mulut di pagi hari ?

Apakah bau mulut bisa menandakan adanya gangguan kesehatan ?

Dan mengapa seseorang bisa mengalami masalah tersebut meskipun sudah rutin membersihkan gigi dengan baik ?

Bau Mulut di Pagi Hari

Mencegah Bau Mulut di Pagi Hari

Bau mulut, atau dikenal dalam istilah medis dengan nama halitosis, bisa dialami oleh siapa saja dengan penyebab yang beragam.

Bisa disebabkan bakteri di dalam rongga mulut, masalah kesehatan gigi dan gusi, radang tenggorokan, ataupun gangguan kesehatan.

Di pagi hari, kemungkinan terbesar penyebab bau mulut adalah peningkatan jumlah bakteri di dalam mulut yang mengeluarkan aroma menyerupai senyawa sulfur.

Peningkatan jumlah bakteri tersebut dikarenakan di malam hari, terutama saat tidur, produksi alami air liur yang berfungsi membuang dan membunuh bakteri menurun, sehingga bakteri dapat berkembang dengan baik.

Bau mulut di pagi hari juga akan lebih mungkin dialami oleh mereka yang tidur dengan mulut terbuka dan mendengkur.

Karena selain air liur yang berkurang, tidur dengan mulut terbuka dan mendengkur membuat mulut menjadi lebih kering, memungkinkan bakteri berkembang lebih banyak.

Selain karena kondisi mulut yang mengering secara alami saat kita tidur, perokok, atau mereka yang merokok sebelum tidur juga akan memiliki aroma mulut yang kurang sedap di pagi hari.

Tips Mencegah Bau Mulut di Pagi Hari

Bakteri penyebab halitosis memang tumbuh secara alami dan sulit untuk dibasmi secara total dari rongga mulut kita.

Namun, kebiasaan membersihkan sisa makanan dari sela gigi dan lidah dengan baik bisa setidaknya mengurangi jumlah bakteri dan menghambat perkembangan nya.

Untuk mencegah atau mengatasi bau mulut saat bangun tidur, sangat disarankan menyikat gigi dan berkumur dengan obat kumur di malam hari sebelum tidur.

Baca juga, tips memilih odol untuk gigi sensitif

Gunakan juga alat pembersih lidah untuk mengurangi perkembangan bakteri di lidah, dan hindari merokok beberapa jam sebelum tidur.

Membersihkan mulut, gigi, dan lidah di malam hari dengan baik sudah cukup membantu mencegah kemungkinan bau mulut di pagi hari saat kita bangun tidur.

Namun, tidak semua masalah halitosis dipicu oleh perkembangan bakteri di mulut.

Proses pengobatan, radang tenggorokan, dan gangguan kesehatan seperti infeksi saluran pernafasan, diabetes, gangguan periodontal, dan bronkitis juga bisa menyebabkan masalah bau mulut.

Jika halitosis disebabkan karena gangguan kesehatan, tentunya dibutuhkan pemeriksaan dan tindakan medis untuk bukan hanya mencegah bau mulut, namun juga mengatasi masalah kesehatan yang menyebabkan nya.