Awas ! Waspadai Bahaya Pinjam Meminjam Maskara & Eyeliner Berikut Ini

loading...

Sering pinjam-meminjam make up atau alat riasan saat berkumpul dengan teman ? Jika ya, sebaiknya anda segera menghentikan kebiasaan tersebut.

Apalagi jika alat kecantikan yang biasa anda pergunakan bersama-sama adalah alat riasan mata, seperti maskara dan eyeliner.

Ya, seringkali dengan alasan kehabisan, atau tertarik menggunakan alat riasan milik teman, kita mengabaikan resiko dengan menggunakan alat riasan mata bersamaan atau saling bergantian.

Padahal, tanpa kita sadari, apa yang kita lakukan tersebut ternyata menyimpan resiko, terutama bagi kesehatan mata kita.

Baca juga, 3 cara alami & mudah menebalkan alis mata

Bahaya Pinjam Meminjam Maskara & Eyeliner

Bahaya Pinjam Meminjam Maskara

Organ mata kita merupakan bagian tubuh yang memiliki sensitifitas tinggi, dan sangat rentan terkena infeksi.

Dan beberapa jenis bakteri yang rentan meng-infeksi mata, ternyata ditemukan dapat hidup didalam tabung maskara atau eyeliner, walaupun sebenarnya tabung tersebut sudah di desain untuk kedap udara.

Karena saat kita menggunakan maskara, dan memasukan kembali alat maskara kedalam tabungnya. Saat itu oksigen dari luar ikut masuk kedalam tabung dan sudah cukup untuk menghidupi organisme mikroskopik yang hidup di dalam tabung maskara.

Dan kebiasaan saling tukar atau meminjam maskara dapat menjadi cara bakteri berpindah dan menularkan infeksi mata.

Infeksi yang dimaksud umumnya berupa keluhan mata merah, atau konjungtivis, yang seringkali kita anggap sebagai sakit mata biasa.

Gejala yang timbul adalah mata menjadi merah, gatal, dan ber air, dalam jangka waktu lama, bahkan bisa bertahan hingga 2 minggu.

Khusus anda pengguna lensa kontak, kemungkinan untuk tertular dan terkena infeksi mata akan meningkat 2 kali lipat karena bakteri yang menginfeksi mata juga bisa hidup atau tertinggal di balik lensa kontak yang anda gunakan.

Baca juga, 5 bahaya softlens yang mungkin mengancam anda dan 6 tips memilih softlens yang aman dan nyaman

Melihat resiko tersebut, tentu kita akan berpikir dua kali untuk pinjam meminjam maskara bukan ?

Sebaiknya, kita gunakan milik sendiri dan menjaganya agar tidak dihinggapi bakteri dengan cara tidak meminjamkannya.

Untuk eyeliner, sebaiknya gunakan eyeliner pensil.

Anda dapat mempertajam kembali eyeliner pensil setelah digunakan bersama untuk membuang bakteri yang mungkin terbawa di lapisan pensil dan menghindari kemungkinan resiko penularan infeksi mata.