Alergi Dingin Jangan Diabaikan, Kenali Tanda & Bahayanya

Alergi dingin, sesuai dengan namanya, merupakan reaksi alergi yang muncul beberapa saat setelah tubuh merasakan udara dingin atau tersentuh benda dengan suhu dingin.

Untuk penderitanya, munculnya reaksi alergi tersebut tentunya sangat mengganggu, apalagi saat memasuki musin hujan dan dingin dimana kondisi alergi bisa muncul lebih sering.

Meskipun, reaksi alergi yang muncul bisa saja hanya bersifat ringan, namun juga tidak menutup kemungkinan dapat membahayakan kesehatan.

Baca juga, tips mengatasi reaksi alergi di kulit wajah

Alergi Dingin

Alergi dingin, atau urtikaria dingin dalam istilah medis, muncul sebagai reaksi kulit terhadap paparan dingin yang mengenainya, bisa dingin yang diterima dari suhu udara, benda, ataupun dari air.

Reaksi alergi tersebut tidak terjadi pada semua orang, atau dialami hanya oleh sebagian orang, dan umumnya pertama kali dialami atau muncul di usia muda.

Penderita urtikaria dingin pun tidak selalu mengalami masalah alergi setelah terpapar dingin.

Lebih tergantung kepada reaksi imun tubuh saat itu terhadap paparan udara atau suhu dingin yang mengenai kulit.

Berikut tanda atau gejala alergi dingin yang biasanya mudah kita lihat

  1. Bagian tangan membengkak setelah terkena udara dingin atau menyentuh benda dingin.
  2. Kulit terasa gatal dan memerah.
  3. Muncul bentol-bentol yang menyebar di tubuh, seperti di perut, paha, atau lengan.

3 Gejala alergi dingin di atas, merupakan tanda-tanda umum yang seringkali muncul atau dialami oleh penderita urtikaria dingin.

Namun pada kasus tertentu, alergi dingin juga bisa memicu reaksi tubuh yang membahayakan.

Diantaranya seperti demam, nyeri sendi, terjadinya penurunan tekanan darah yang drastis, dan gangguan fungsi pernapasan yang sangat mungkin berujung pada kematian

Penyebab Alergi Dingin

Alergi, merupakan reaksi yang ditimbulkan oleh kerja sistem imun tubuh.

Artinya, imun tubuh kita lebih berpengaruh atau memiliki peran lebih besar terhadap munculnya reaksi alergi.

Namun, berdasarkan temuan National Institute of Allergy and Infectious Disease yang dipublikasikan pada tahun 2012, urtikaria dingin juga bisa disebabkan karena faktor keturunan.

Artinya, seseorang bisa saja mengalami alergi dingin jika ada anggota keluarga sedarah lainnya yang juga pernah mengalaminya.